Home / Profil Ma’had

Profil Ma’had

Ma’had al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin merupakan pengembangan dari program Asrama Study yang telah berjalan sejak tahun 2006. Ma’had al-Jami’ah merupakan sebuah unit pelaksana teknis yang dimaksudkan untuk menunjang program universitas dalam rangka pembentukan mahasiswa berkepribadian yang islami dan ilmiah. Unit ini merupakan unit yang terintegrasi ke dalam struktur dan tata kelola UIN Antasari yang bertugas memberikan layanan hunian bagi mahasiswa dalam upaya mendorong serta menumbuhkembangkan iklim berprestasi, berilmu dan bertakwa serta berjiwa kebersamaan yang tinggi.

Secara operasional, Ma’had al-Jami’ah adalah salah satu dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) UIN Antasari Banjarmasin sebagai lembaga pendidikan pesantren bagi para mahasiswa. Dalam kapasitasnya sebagai lembaga pendidikan pesantren inilah, Ma’had al-Jami’ah berupaya merealisasikan visi dan misi UIN Antasari yang Unggul dan Berakhlak.

Pada Tahun Akademik 2018/2019, Universitas Islam Negeri Antasari dalam kebijakannya mewajibkan semua mahasiswa baru untuk mengikuti program Ma’had al-Jami’ah. Kebijakan tersebut di satu sisi merupakan kebijakan yang tepat, mengingat potensi asrama sebagai wadah yang strategis sebagai penanaman karakter yang baik dalam kerangka habl min Allâh dan habl min an-Nâs tersebut, sehingga diharapkan mampu ikut berperan maksimal mewujudkan visi dan misi universitas [unggul dan berakhlak] yang pada akhirnya mampu berpartisipasi aktif melahirkan warga negara yang berkualitas. Akan tetapi di sisi lain, kebijakan tersebut juga merupakan sebuah tantangan, mengingat kapasitas asrama tidak memadai untuk menampung seluruh mahasiswa/i baru. Oleh karena itu sistem pemondokan dibagi ke dalam 5 [lima] tahap yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 [dua] bulan.

  1. Visi dan Misi Ma’had al-Jami’ah

Visi

“Pusat Pembinaan Integrasi Ilmu dan Amal”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu-ilmu dasar keislaman sebagai pandangan hidup dan praktek ibadah keseharian;
  2. Menanamkan nilai-nilai islama washatiyyah yang terintegrasi dengan nilai-nilai kebangsaan dan budaya keislaman lokal; dan
  3. Menumbuhkan motivasi untuk mencapai cita-cita melalui pendidikan di UIN Antasari
  4. Fungsi dan Tujuan Pendirian

Ma’had al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin adalah pondok pesantren mahasiswa yang berupaya merealisasikan visi dan misi UIN Antasari, khususnya dalam mencetak intelek yang ulama dan ulama yang intelek, yang mempunyai kedalaman ilmu, moral dan spiritual, sehingga dapat dan mampu menjawab tantangan zaman.

Fungsi pendirian Ma’had al-Jami’ah ini adalah sebagai sarana tempat tinggal dan wahana pembinaan mahasantri/wati UIN Antasari Banjarmasin dalam bidang pengembangan, peningkatan dan pelestarian semangat keberagamaan dan keilmuan.

Selain itu, pendirian Ma’had al-Jami’ah UIN Antasari ini bertujuan untuk mengkondisikan terbentuknya tradisi akademik dalam pengembangan ilmu keagamaan, IPTEK, bahasa dan seni, yang program kegiatannya dilaksanakan sebagai penunjang program akademik UIN Antasari dan diharapkan dapat menghasilkan sarjana Islam yang memenuhi tuntutan masyarakat.


Hit Counter provided by hit counter max