Home / Pengembangan Keterampilan Keagamaan

Pengembangan Keterampilan Keagamaan

Pengembangan Keterampilan Keagamaan

Pengembangan keterampilan keagamaan adalah salah satu kegiatan keagamaan terfokus kepada pengembangan menerjemahkan al-Qur’an dan peningkatan bahasa Arab bagi mahasantri/wati, yang dibimbing langsung oleh tim pengajar dengan merujuk kepada metode Tamyiz.

Pelatihan menerjemahkan al-Qur’an dengan metode tamyiz ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mahasantri/wati untuk bisa menterjemahkan dan memahami al-Qur’an, di samping mereka memiliki kemampuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.

Tamyiz adalah lembar kerja (work sheet) tentang formulasi teori dasar Quantum Nahwu-Shorof yang masuk dalam kategori Arabic for Specific Purpose (ASP) dengan target sangat sederhana yaitu sedari kecil anak SD/MI dan Pemula (yaitu siapa saja yang sudah bisa membaca al-Qur’an) pintar membaca, menerjemah al-Qur’an dan membaca kitab kuning. Tamyiz memiliki visi bahwa setiap muslim pintar dalam menerjemahkan al-Qur’an yang dibaca dan didengarnya.

Dalam hal ini, Ma’had al-Jami’ah IAIN Antasari, selain memberikan pengajaran tentang membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, juga berusaha memberikan pengetahuan dan keterampilan menerjemahkan al-Qur’an sebagai salah satu dasar untuk memahami al-Qur’an. Sebagaimana diketahui, bahwa berinteraksi atau mengakses al-Qur’an tidak akan bisa maksimal jika kita tidak mampu untuk memahami setiap apa yang dipesankan oleh al-Qur’an melalui untaian ayat-ayatnya.

Pelatihan penerjemahan al-Qur’an dengan metode tamyiz ini dilaksanakan sekali dalam sepekan setelah shalat maghrib di masing-masing wisma. Tenaga pengajar dalam pelatihan ini adalah tim yang direkrut oleh pengelola Ma’had al-Jami’ah, yang sudah mempunyai kualifikasi untuk mengajarkan metode ini. Adapun buku yang digunakan adalah buku Tamyiz dan kamus Kawkaban. Kedua buku ini merupakan syarat untuk mengikuti kegiatan pelatihan penerjemahan al-Qur’an dengan metode tamyiz ini.

Adapun teknis kegiatan penerjemahan al-Qur’an metode Tamyiz dalam setiap pertemuan diurut sebagai berikut:

  1. Mahasantri/wati berkumpul bersama pengajar, murabbiy(ah), dan musyrif(ah) untuk memulai kegiatan pembelajaran.
  2. Musyrif(ah) menyerahkan absen untuk ditandatangani mahasantri /wati sebagai tanda kehadiran.
  3. Murabbi(ah) membimbing pelaksanaan ibadah secara berjama’ah [shalat Maghrib]
  4. Pengajar membimbing kegiatan penerjemahan al-Qur’an metode Tamyiz dengan mengacu kepada buku tertentu.
  5. Murabbi(ah) membimbing pelaksanaan ibadah secara berjama’ah [shalat Isya]
  6. Murabbi(ah) menyerahkan absen mengajar dan materi pengajaran untuk ditandatangani pembimbing sebagai laporan.

Selain itu, pengembangan keterampilan keagamaan juga dilakukan dalam bentuk pembinaan skill dan pelatihan, baik secara individual maupun kolektif yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan seperti latihan pidato, rebana, maulidan, tilawah dan lain sebagainya. Dalam hal ini, Ma’had al-Jami’ah IAIN Antasari menyelenggarakan berbagai macam pelatihan terkait dengan peningkatan kualitas keterampilan keagamaan dan akademis para mahasantri/wati. Pelatihan-pelatihan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali para mahasantri /wati dengan teori-teori serta keterampilan menulis, sehingga mereka mampu mempraktikkannya baik dalam melaksanakan tugas-tugas akademik kemahasiswaan maupun dalam menulis terkait pengembangan dirinya, seperti menulis pada koran, majalah, mading, dan lain-lain. Kegiatan ini dilaksanakan sekali dalam setahun, yaitu ketika para mahasantri/wati berada di awal-awal perkuliahan semester pertama.

  1. Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali mahasantri/wati dengan teori dan keterampilan menyelenggarakan jenazah, dimulai dari memandikan, mengapankan, menshalatkan dan menguburkan jenazah secara islami. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasantri/wati dan para musyrif/ah Ma’had al-Jami’ah dan dilakukan dua kali dalam setahun.

  1. Pelatihan Khutbah/Pidato/MC

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk membekali mahasantri /wati mengenai teori-teori dan keterampilan menyampaikan ide secara verbal dalam berbagai forum, sehingga mahasantri/wati mampu mempraktikkannya dengan baik dan benar serta tepat sasaran. Kegiatan ini diselenggarakan setahun sekali dengan diikuti oleh mahasantri/wati dan musyrif/ah. Pelatihan ini menjadi modal awal bagi para mahasantri/wati untuk dikembangkan lebih lanjut pada kegiatan muhadharah yang dilakukan setiap satu minggu sekali oleh masing-masing wisma di Ma’had al-Jami’ah.

  1. Pelatihan Adzan

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal penguasaan keterampilan adzan, baik lahir maupun bathin khusus kepada mahasantri sehingga mereka memiliki kesiapan diri untuk terjun ke masyarakat dan ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan keagamaan. Pelatihan ini diselenggarakan satu kali dalam setahun di wisma putera Ma’had al-Jami’ah dan diikuti oleh mahasantri.

  1. Pelatihan Muhadharah

Setelah diberikan berbagai macam teori pada pelatihan khutbah /pidato/MC, maka sebagai tindak lanjut dari program tersebut maka disusunlah jadwal praktik muhadharah secara bergiliran oleh setiap mahasantri/wati.Kegiatan ini diselenggarakan satu kali dalam sepekan oleh masing-masing wisma Ma’had al-Jami’ah.

  1. Pelatihan Maulid al-Habsyi dan Burdah

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan semangat kecintaan bershalawat kepada nabi, baik lahir maupun bathin kepada mahasantri/wati sehingga mereka di samping memiliki keterampilan maulid al-Habsyi dan Burdah, juga mempunyai nilai moral spiritual positif. Pelatihan ini juga menjadi bekal bagi mahasantri/wati untuk dapat bersosialisasi dan terjun ke masyarakat khususnya dalam bidang kegiatan keagamaan. Kegiatan ini diselenggarakan satu kali dalam sepekan oleh masing-masing wisma Ma’had al-Jami’ah dan dilakukan secara berselang-seling antara maulid al-Habsyi dan al-Burdah.

Adapun jadual kegiatan Ma’had al-Jami’ah IAIN Antasari terbagi menjadi harian dan mingguan, dengan rincian sebagai berikut;

  1. Jadwal Harian

04.30 – 05.00     Bangun pagi

05.00 – 06.00     Shalat Subuh berjamaah, dzikir dan tadarus surah pilihan

06.00 – 06.40     MCK

06.40 – 17.00     Kegiatan kampus

17.30 – 18.00     MCK

18.00 – 18.30     Ta’limul Qur’an

18.30 – 19.15     Shalat Maghrib berjamaah

19.15 – 19.45     Ta’limul Qur’an / Pembinaan Ibadah & Akhlak / Pembinaan Keterampilan Keagamaan

19.45 – 20.30     Shalat Isya berjamaah, dzikir, tadarus surah pilihan dan pembelajaran bahasa Arab / Inggris

20.30 – 22.00     Belajar malam

22.00 – 04.30     Absen dan tidur malam

 

  1. Jadwal Mingguan
WAKTU KEGIATAN KETERANGAN
Malam Senin Ta’limul Qur’an Ba’da Maghrib
Malam Selasa Ta’limul Qur’an Ba’da Maghrib
Malam Rabu Pengajian Keagamaan Ba’da Maghrib
Malam Kamis Tamyiz Ba’da Maghrib
Malam Jum’at Amaliyah Ba’da Maghrib
Malam Sabtu Muhadharah Ba’da Maghrib
Malam Minggu Kreatifitas Wisma Ba’da Maghrib

Konsep dan program kegiatan Ma’had al-Jami’ah ini berlaku sejak tahun 2014. Hal-hal yang belum diatur dalam pedoman ini akan ditetapkan kemudian.


Hit Counter provided by hit counter max